7 Top Destinations in Sumba

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang Explore Sumba, saya janji akan membahas beberapa tempat yang oke untuk dikunjungi di Sumba bagi kalian yang punya waktu singkat. Nah, berikut 7 top destinations di Sumba yang sempat saya explore:

Desa Adat Ratenggaro
Terletak di Sumba Barat Daya, desa ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bila ingin melihat bagaimana penduduk Sumba asli tinggal dengan berbagai adat-istiadatnya. Jujur saya tidak hafal bagaimana menuju ke desa ini, karena saya orangnya yang sangat pelor (nempel molor) dan tanda jalan pun tidak ada. Yang jelas perjalanan menuju ke sini ditempuh dalam kurang lebih 2 jam-an dari Bandara Tambolaka, Sumba Barat. Bila sudah di sini, jangan heran kalau langsung “disambut” alias dikerumuni oleh anak-anak lokal atau penduduk sana yang menjual aksesoris dan benda-benda khas, seperti kalung, gelang, sasando, dan lain-lain. Hati-hati saat kalian foto-foto anak-anak di sana karena saat sesi foto berakhir mereka akan meminta sejumlah uang. Saya tidak memberi karena buat saya itu tidak baik bagi cara berpikir mereka, dan saya tidak mau tiap turis yang tak sengaja foto dimintai uang. Namun, saya kira wajar karena di sana memang masih cukup terpencil dan belum terjamah hal-hal moderen. Bagusnya, kalian akan bisa melihat pantai yang indah dari atas desa ini.

Processed with VSCO with e8 preset
Anak-anak dengan bebas menunggang kuda di Desa Adat Ratenggaro.

Pantai Bawana
Tidak jauh dari Desa Adat Ratenggaro, terdapat satu pantai yang saya rasa masih baru. Saking barunya, di geotag pun tidak muncul nama tempatnya. Pantai Bawana namanya. Jalan menuju ke tempat ini indah, karena melewati jalan panjang dengan ilalang hijau dan tiap kali melihat anak-anak mereka akan da-da da-da. Berasa artis, deh. Hahaha. Setelah sampai pun masih harus menuruni jalan tanah berbatu untuk sampai ke pantainya.

Processed with VSCO with e3 preset
Indahnya pemandangan before sunset di Pantai Bawana.

Danau Weekuri

Danau ini unik karena ia terhubung langsung dengan pantai. Airnya yang berwarna biru toska dan sangat jernih membuat danau ini cocok untuk berenang atau sekadar nyebur dan main air. Agar lebih asyik, kalian juga bisa lompat dari atas dan langsung nyebur ke danau. Seru benar!

Asyiknya nyebur di Danau Weekuri.

Air Terjun Lapopu

Air terjun ini menjadi salah satu iconic spots di Sumba. Untuk menuju ke sana memang harus menyusuri jalan turunan yang cukup jauh, tapi tidak terlalu jauh juga, dan jalannya juga tidak berat. Namun, hal itu akan terbayar saat sudah sampai di air terjun ini. Kalian bisa berenang di airnya yang jernih dan sangat menyegarkan.

Segarnya mandi di Air Terjun Lapopu.

Bukit Wairinding

Bisa jadi tempat ini yang paling menjadi ikon Sumba. Bukit yang dikelilingi banyak layer ini memang sangat indah. Saya pun tidak berhenti berdecak kagum saat berada di sana. Walau untuk menuju ke sana harus melewati banyak tikungan tajam, tapi saya jamin hal itu akan terbayar dengan indahnya pemandangan di sana. Waktu yang tepat untuk ke sana adalah saat matahari terbenam.

Bukit Wairinding yang mengagumkan.

Bukit Persaudaraan

Tak jauh dari bandara Waingapu, terdapat satu bukit yang juga indah, namanya Bukit Persaudaraan. Bukit ini menawarkan pemandangan yang sesuai waktu. Di siang hari kalian akan dimanjakan dengan pemandangan petak-petak sawah yang indah dari atas bukit, sedangkan di malam hari pemandangan Milky Way yang spektakuler bisa kalian nikmati. Mantap, bukan?

Processed with VSCO with c3 preset
Pemandangan petak-petak sawah yang cantik dari atas Bukit Persaudaraan.

Pantai Walakiri

Ini dia tempat yang paling favorit bagi saya. Pantai Walakiri atau nama kerennya adalah Dancing Tree Beach karena ada kumpulan pohon mangrove yang memang terlihat seperti sedang menari dari kejauhan. Cantik. Yang bikin pantai ini jadi favorit saya adalah karena pantai ini sangat indah, baik saat maupun sebelum sunset. Lighting-nya super oke menurut saya dan tidak terlalu harsh. Bagi yang gemar foto-foto pantai ini sangat pas dan saya yakin kalian akan betah berlama-lama di sini. Plus, kalian bisa main ayunan di tepi pantainya sambil menikmati indahnya pantai dengan angin sepoi-sepoi. Surga banget dah…

Processed with VSCO with l8 preset
Before sunset di Walakiri Beach.
Sunset yang spektakuler di Walakiri Beach alias Dancing Tree Beach.

Saya yakin masih banyak tempat yang bisa dijelajahi di Sumba. Lain kali saya bila memiliki waktu yang lebih lama, saya akan eksplor lebih banyak lagi tempat. Barangkali kalau menjelajah dengan motor akan lebih seru, ya? Kenapa tidak?

All photos by Sadawayans

Leave a Reply

